Antisipasi Bencana Banjir, Warga Bentuk Team Rescue Banjir Karaba

1
Pembentukan Team Rescue Bencana Banjir Karaba Wadas.

KARAWANG-Sejumlah tokoh masyarakat perumahan Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, membentuk Team Rescue Tanggap Bencana yang siap diterjunkan membantu penanganan bencana.

Tim ini dibentuk sebagai respons dari munculnya berbagai bencana sejak beberapa tahun terakhir.

Pelantikan Team Rescue Tanggap Bencana Karaba Rescue, digelar sekaligus dengan latihan bersama dengan BPBD Karawang, dengan materi Water Rescue, di Kali Kalapa, Wadas, Karawang, Sabtu-Minggu (11-12/12/2021).

Acara tersebut dihadiri Satgas Citarum Harum, BPBD Karawang, Karang Taruna Kabupaten Karawang, serta tokoh masyarakat setempat.

Pembentukan Team Karaba Rescue mendapatkan apresiasi dari Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin. Ia memandang kehadiran Team Rescue Karaba menjadi bukti tingginya empati dari komunitas masyarakat.

“Kehadiran Team Rescue Karaba, merupakan wujud gotong royong keluarga besar Karaba untuk membantu saudara sebangsa yang sedang mengalami musibah bencana alam. Sekaligus menunjukkan bahwa warga Karaba juga punya kepedulian sosial yang tinggi,” kata Yasin, Sabtu (11/12/21).

Team Rescue Karaba diperkuat dengan 25 relawan yang siap turun membantu penanggulangan bencana. Kehadiran Team Rescue Karaba, kata Yasin, dipastikan akan memperkuat Team BPBD Karawang.

Sementara, Inisiator pendirian Karaba Rescue, Budi Georn, mengatakan, keberadaan tim tersebut tidak lepas dari dukungan semua masyarakat Karaba dan Desa Wadas. Sehingga diharapkan tim ini tidak hanya mengcover bencana di Karaba, namun bisa lebih luas lagi.

“Team Rescue Karaba, maupun Team Rescue dari berbagai komunitas lainnya, akan saling bersinergi satu sama lain. Fokusnya untuk menyelamatkan nyawa warga, hingga memberikan pertolongan pertama pada saudara sebangsa yang tertimpa musibah bencana alam,” urai Budi Georn, didampingi Ketua dan sekretaris Karaba Rescue.

Sekretaris Umum Karang Taruna Kab Karawang, Dhani Sudirman, menyampaikan, keluarga besar Karang Taruna sangat bangga akan terbentuknya Karaba Rescue dan berharap upaya serupa bisa dilakukan oleh berbagai komunitas dan Karang Taruna Desa lainnya.

Menurut Dhani, semakin besar kepedulian anak bangsa terhadap sesama, semakin kuat pula tali ikatan persaudaraan kebangsaan terikat.

“Sekecil apapun bantuan yang bisa kita berikan, besar artinya bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan akibat bencana alam. Karaba Rescue, saya yakin akan menjadi embrio terbentuknya tim rescue lainnya di Karawang,” ucapnya. (red).

1 thought on “Antisipasi Bencana Banjir, Warga Bentuk Team Rescue Banjir Karaba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *