Poros Tengah APDESI dan PAPDESI, Endang Bentuk PPKU

1
Pembentukkan organisasi PPKU.

KARAWANG-Bersama puluhan kades lainnya yang ada di wilayah Dapil 2 dan Dapil 3, Kepala Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, Endang Macan Kumbang akhirnya resmi membentuk organisasi Persatuan Pemerintahan Kepala Desa Karawang Utara (PPKU), Minggu (8/8/2021).

Endang mengatakan, PPKU merupakan wadah aspirator para kades yang ada di Dapil 2 dan 3. PPKU juga sebagai pemersatu untuk kekompakan dan juga menjadi Poros Tengah di antara organisasi yang sudah ada di Kabupaten Karawang, yaitu organisasi APDESI yang diketuai oleh Sukarya WK dan PAPDESI yang diketuai oleh EB Halim.

“Kami membentuk organisasi PPKU dengan tujuan sebagai poros tengah dan pemersatu kades di wilayah Karawang Utara” ungkapnya.

Endang menegaskan, hadirnya PPKU sebagai Poros Tengah, tetapi bukan untuk menyaingi APDESI atau PAPDESI. Namun, pada waktu aspirator itu disatukan, maka PPKU akan mengacu ke PAPDESI untuk bersama-sama memperjuangkan kesejahteraan maupun pembelaan terhadap para kepala desa yang ada di Kabupaten Karawang.

Pada kesempatan itu, Endang juga mengenalkan struktur kepengurusan organisasi PPKU. Sebagai ketua dipegang dirinya. Untuk wakil ketua 1 dijabat oleh Jamaluddin dari Kutawaluya, wakil ketua 2 dipegang oleh Mujid dari Pedes, sedangkan sekretaris dipegang oleh Ato dari Pedes. Sementara untuk bendahara 1 dipegang Dewi dari Kutawaluya, bendahara 2 dipegang Hilma dari Batujaya.

“Untuk pembentukan Korcam, semua sudah terisi. Semua masing-masing korcamnya tadi sudah ditunjuk orang-orangnya dan mereka sudah siap menjadi korcam,” terangnya.

Lebih lanjut Endang mengungkapkan, kenapa hanya meliputi Dapil 2 Dapil 3, karena PAPDESI itu adanya di sektor-sektor timur dan tengah. Sementara keberadaan dirinya ada di wilayah Dapil 2 dan Dapil 3.

“Ya sudah kita berarti bilangnya Dapil 2 Dapil 3, perbatasan dengan kepentingan dari PAPDESI. Jadinya kita sama-sama punya teritorial tersendiri, untuk lebih mempersempit dan untuk mengakomodir dari semua desa yang ada di wilayah Karawang Utara,” tandasnya.

Endang berharap, dengan adanya PPKU akan terjalinnya tali silaturahmi yang lebih solid dengan para kepala desa dan perangkat desa.

“Mari kita bersama-sama bermitra dan bersilaturahmi dalam rangka memperjuangkan hak dan kewajiban para kepala desa. Kepada Pemkab Karawang, Pemda Provinsi Jawa Barat dan pusat melalui PPKU, yang nanti akan bekerjasama dengan APDESI dan PAPDESI,” pungkasnya. (red).

1 thought on “Poros Tengah APDESI dan PAPDESI, Endang Bentuk PPKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *