Budidaya Ikan Hias KUB Danurwenda.

KARAWANG-Budidaya ikan hias produk Kabupaten Karawang kini menemui geliatnya. Sejumlah luar daerah Karawang mulai melirik produk kelompok usaha bersama (KUB) Danurwenda yang berlokasi di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes.

Beberapa daerah di Jawa barat seperti Sukabumi, Bandung, Bogor dan DKI Jakarta, bahkan Bali dan Batam sering juga melakukan permintaan produk ikan hias ke KUB Danurwenda.

“Bukan hanya di Bali kami memenuhi permintaan ikan hias, kini Batam sudah kontak kami untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar ikan hias di sana,” ungkap Warsad, pengurus KUB Danurwenda, kepada delik.co.id, Rabu (3/3/2021).

Baca juga : Bapperda DPRD Karawang Terima Aspirasi FAIS Soal Miras

Tempat yang sama, Sekretaris KUB Danurwenda, Nur Said, menyebutkan, ada sejumlah alasan penyebab ikan hias dari Karawang diminati oleh beberapa daerah di Jawa Barat dan di provinsi lainnya, di antaranya produk budidaya ikan hias dari Karawang memiliki ketahanan hidup yang kuat.

“Mereka sangat berminat dan antusias melakukan permintaan ke kami, katanya ikan hias dari kami memiliki ketahanan hidup yang lebih baik,” ungkap Nur Said.

Ia membeberkan, KUB Danurwenda kini sedang melakukan penelitian dan uji coba beberapa ikan laut untuk dijadikan ikan hias, seperti ikan buntal, kuda laut, argus fish dan ikan Bandut. Uji coba tersebut sengaja dilakukan untuk memenuhi permintaan dari daerah Sukabumi yang mulai membludak.

Nur Said menambahkan, ada produk budidaya ikan hias dari daerah Karawang, terutama KUB Danurwenda di antaranya ikan hias gupi, moli, pleti (golden black), cupang, koi, mas koki, moli balon, marbel dan lain-lainnya.

“Jenis ikan hias tersebut kini sangat diminati oleh beberapa daerah di Jawa barat dan sudah tembus ke daerah Bali dan Batam,” pungkasnya. (red).