Jamin Keamanan Pasien, RS Siloam Hospitals Purwakarta Terapkan Prokes Ketat Covid-19

0
RS Siloam Purwakarta.

PURWAKARTA– Penerapan skrining hingga protokol kesehatan Covid 19 secara ketat kepada pasien penting dilakukan penyedia layanan kesehatan. Hal itu seperti yang berlaku kepada pasien yang melakukan perawatan atau pengobatan di Siloam Hospitals Purwakarta.

Kepala Pelayanan Medis Siloam Hospitals Purwakarta, dr. Rika Wulandari, mengatakan, hal ini bertujuan agar pasien kasus konfirmasi Covid-19 akan mendapatkan perawatan khusus dan tidak bercampur dengan pasien lainnya. Skrining pasien dilakukan di rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Sadang-Cikampek itu dilakukan secara bertahap.

“Namun, untuk memastikan tersebut adalah positif Covid-19 harus di lakukan test (swab) PCR sebagai Gold standar Covid-19 yang diakui oleh Kementrian Kesehatan RI,” ujarnya. Rabu, (17/2/2021).

Sementara, dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Purwakarta, dr. Adrian Suhendra, Sp.PK menjelaskan perbedaan Test Swab PCR, Test Swab Antigen dan Test Rapid Antibody dan Serology secara kualitatif maupun kuantitatif yang saat ini belum banyak dimengerti oleh masyarakat dan kapan saat yang tepat untuk melakukan test tersebut.

Untuk itu, pihaknya terus mengupdate terkait prokes sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19 khususnya di wilayah Purwakarta dan sekitarnya.

“Sehingga dengan menerapkan protokol Covid-19 dapat memberikan rasa aman bagi pasien yang memerlukan layanan kesehatan tanpa harus khawatir akan penyebaran Covid-19 di Siloam Hospitals Purwakarta,” jelasnya. (wes/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *