Asep Ibe (kiri) berikan timbangan bayi ke Uju Junaedi.

KARAWANG-Anggota DPRD Kabupaten Karawang, H. Asep Syaripudin, memberikan bantuan timbangan bayi ke Desa Mekarjaya, Kecamatan Rawamerta, Rabu (28/9/2022).

Bantuan yang diterima langsung Kepala Desa Mekarjaya, Enju Junaedi, sebagai bentuk kepedulian  dalam membantu mencegah terjadi bayi stunting.

Untuk diketahui, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Asep Syarifudin menjelaskan, setelah lahir masa pertumbuhan itu harus benar-benar termonitor dengan baik, di antaranya melalui program Posyandu untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi.

“Kelengkapan yang dibutuhkan di Posyandu di antaranya timbangan- timbangan bayi yang belum teranggarkan dari dana desa padahal itu cukup penting. Kakanya kami dari Fraksi Golkar ya minimal berbuat baik walaupun yang sederhana tapi bermanfaat. Kami sudah membagikan timbangan bayi di beberapa desa di Dapil 2 walaupun memang belum semua, baru sekitar ada tujuh desa yang sudah dikasihkan, tetapi kita poinnya bahwa Kabupaten Karawang itu kan dalam kondisi darurat stunting kalau tidak salah Karawang kedua dari sekian kabupaten kota yang ada di Provinsi Jawa Barat,” ucap Asep Ibe, sapaan akrabnya yang juga Ketua Fraksi partai Golkar dan Ketua Komisi IV DPRD Karawang ini.

Masih menurutnya, Fraksi Golkar berusaha bisa bersinergi dengan program pemerintah yaitu konsen terhadap penanganan stunting di antaranya pemberian makanan tambahan (PMT) untuk bayi dan atau pemberian bantuan timbangan bayi ke sejumlah Posyandu.

“Mudah-mudahan kedepannya Posyandu terlengkapi (timbangan bayi) dan ini tidak hanya dilakukan oleh kami (Fraksi Golkar). Ini bentuk dorongan juga kepada pemerintah untuk perhatikan kelengkapan Posyandu meski itu sederhana,” ujarnya.

Tempat yang sama, Uju Junaedi, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada H. Asep Syaripudin yang telah memberikan bantuan berupa timbangan bayi sebagai bentuk kepudilannya terhadap Desa Mekarjaya untuk mencegah stunting.

“Harapan saya, mudah-mudahan bantuan timbangan bayi ini untuk mencegah Stunting dapat bermanfaat untuk warga Desa Mekarjaya,” pungkasnya. (dede/man/red).