Pengamat politik, Gili Argenti.

KARAWANG-Partai Demokrat Karawang bisa jadi kampiun atau jawara di Pemilu 2024 jika memenuhi sejumlah syarat magnet elektoral.

“Magnet elektoral setiap partai politik terletak kepada kinerja, program politik ditawarkan, dan figuritas ketokohan,” kata pengamat politik, Gili Argenti, kepada delik.co.id, Selasa (29/3/2022).

Dari ketiga faktor tadi, ucapnya, sebenarnya Partai Demokrat Karawang sangat diuntungkan dalam kompetisi elektoral di Pemilu 2024 nanti.

Pertama, bebernya, dari kinerja Celica sebagai kepala daerah Kabupaten Karawang, bisa menjadi investasi politik bagi partai, artinya rekam jejaknya ketika memimpin Karawang apabila dinilai baik oleh masyarakat, maka posisi Partai Demokrat dalam kompetisi nanti sangatlah diuntungkan.

“Hal ini bisa menjadi magnet elektoral potensial, terlebih sosok Celica tidak bisa dilepaskan dari bayang-bayang Partai Demokrat. Dan, ketokohan Celica sangat mengakar di Kabupaten Karawang,” ujar kandidat doktor ilmu politik Unpad ini.

Kedua, lanjutnya, kinerja anggota legislatif Partai Demokrat di  DPRD juga akan dilihat masyarakat. Dengan kursi terbanyak dimiliki, maka relasi antara legislator Partai Demokrat dengan konstituen relatif menyebar di setiap dapil, otomatis peluang keterpilihan kembali sangat besar, asalkan selama menjadi legislator daerah di periode 2019-2024 ini para legislator tadi memiliki rekam jejak kinerja baik, maka biasanya masyarakat akan memilihnya kembali.

“Jadi jumlah kursi yang banyak di DPRD Karawang seharusnya bisa mempertahankan dominasi kemenangan di Pemilu 2024,” ungkapnya.

Ketiga, sambungnya, kalau Partai Demokrat ingin menambah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Karawang, strategi memasang caleg yang populer dan populis menjadi keniscayaan.

“Sebab dalam kontestasi Pemilu 2024 keterpilihan caleg tergantung dari popularitas dan elektabilitas sang caleg,” katanya.

Keempat, ujarnya, Partai Demokrat harus memiliki program politik betul-betul dibutuhkan masyarakat, artinya program politik bisa menjadi solusi atau jalan keluar dari berbagai masalah yang dihadapi masyarakat di daerah pemilihan.

“Progam politik yang dimaksud tentunya berbasis ideologi yang dimiliki Partai Demokrat” tutupnya. (red).