Giat monev di Desa Pejaten, Kecamatan Cibuaya.

KARAWANG-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) penyerapan anggaran di aula kantor Desa Pejaten, Kecamatan Cibuaya yang dihadiri sejumlah perangkat desa se-Kecamatan Cibuaya, Rabu (18/5/2022).

Menurut Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Pedesaan (PUEM) DPMD Kabupaten Karawang, Agus Somantri, kegiatan monev yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk memonitoring sejuah mana realisasi pelaksanaan penyerapan anggaran yang sudah dikucurkan oleh Pemkab Karawang.

“Untuk mengetahui serapan anggaran telah direalisasikan atau belum, dalam bentuk fisik maupun non fisik,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Asom ini, giat monev ini perlu dilakukan guna menghindari parktek-praktek manifulasi data. Dengan giat monev secara langsung ini maka pihaknya bisa mengetahui sejumlah program yang telah direalisasikan untuk kepentingan masyarakat.

“Mudah-mudahan tak ada masalah. Saya dan tim akan bekerja secara profesional demi menghindari adanya manifulatif data. Bila ada temuan dari pihak desa yang tidak menyalurkan penuh bantuan yang seharusny, .maka akan ditindak tegas melalui komunikasi dari pihak pendamping dan camat,” tandasnya.

Sementara itu Sekretaris Desa Pejaten, Ade Kasta, yang mewakil kades, mengucapka rasa terima kasihnya atas kehadirannya Tim Monev DPMPD Karawang dan sejumlah aparatur desa se-Kecamatan Cibuaya di wilayahnya.

“Kegiatan ini juga sekaligus jadi ajang halal bihalal setelah kemarin kita baru melaksanakan ibadah Ramadhan. Perihal evaluasi ini saya dengan senang hati mempersilakan klepada tim monev yang dimotori oleh Pak Asom untuk mengecek dan memantau dengan baik bagaimana pekerjaan rekan-rekan Pemdes dalam menyerap anggaran,” ujarnya. (dede/red)