Kapolri saat kunjungi Rest Area KM 57.

KARAWANG-Menggunakan helikopter, Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, bersama tiga menteri di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya, Men Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Rest Area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022) siang.

Kedatangan Kapolr tersebuti untuk memastikan faktor keamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Polri dan stakeholder terkait telah menyiapkan berbagai macam upaya dan strategi guna mewujudkan hal tersebut.

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan oleh seluruh anggota dalam menghadapi potensi kemacetan di arus mudik,” kata Kapolri usai meninjau Pos Terpadu Rest Area KM 57.

Dalam kesempatan ini, Kapolri mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hal itu untuk mengurangi beban serta potensi kemacetan yang terjadi pada saat puncak arus mudik pada tanggal 28-30 April 2022.

Kapolri juga mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik agar bisa melalui jalur alternatif selain tol. Misalnya seperti jalur Pantai Utara dan Selatan guna menghindari kemacetan.

Selain mengimbau mudik lebih cepat, Kapolri juga menekankan Polri bersama stakeholder terkait telah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa lalu lintas (lalin) guna mencegah terjadinya kepadatan ketika puncak arus mudik terjadi.

“Semua upaya itu dilakukan demi menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan, proses rekayasa yang dilaksanakan mulai dari proses ganjil-genap, contraflow sampai one way di H-4 yang akan dilaksanakan rencana mulai pukul 17.00 sampai 24.00 WIB mengarah ke timur.

Sehingga ini harus disesuaikan dengan rekayasa yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Terkait rekayasa yang ada, dirinya kembali mengimbau untuk masyarakat yang sudah memiliki kesempatan dan sudah libur bisa segera mudik lebih awal.

Selain fokus menciptakan mudik yang aman, ia menekankan seluruh pihak terkait juga fokus untuk mewujudkan mudik yang nyaman dan sehat bagi masyarakat. Pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu telah disiapkan serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan ketika melaksanakan mudik.

Masih menurut Kapolri, pihaknya telah siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang kelelahan dan ingin istirahat sehingga telah disiapkan berbagai fasilitas pada pos tersebut.

“Masyarakat bisa beristirahat dan bagi yang berbuka puasa juga disiapkan takjil. Kami juga berupaya angka kecelakaan selama arus mudik bisa ditekan seminimal mungkin,” tandasnya.

Sementara Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, yang turut mendapingi Kapolri menjelaskan, ada sejumlah pelayanan yang bisa didapatkan pemudik di Rest Area KM 57.

“Fasilitas itu diantaranya pelayanan cek kesehatan gratis, vaksinasi dosis 1, 2, dan 3, pelayanan kepolisian penerimaan laporan kehilangan, ruang pojok baca dan charger hp, ruang laktasi bagi ibu menyusui, ruang pijat refleksi dan Wifi Gratis,” ucapnya. (red).