Manfaatkan Lahan 1.000 Meter, Katar Desa Kalibuaya Sukses Tanam Kol

1
Katar sedang memanen kol.

KARAWANG-Pemuda yang tangguh dan kreatif, tampaknya hal itu yang ingin ditunjukkan sejumlah kalangan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna (Katar) Desa Kalibuaya, Kecamatan Telagasari, Karawang.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 1.000 meter, mereka berhasil memanen hasil kebun sayuran berupa kembang kol hasil dari ekonomi kreatif (Ekraf).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang, Asep Saepulloh, saat mengunjungi panen kembang kol memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna Desa Kalibuaya yang sukses mengelola sebuah lahan seluas 1.000 meter untuk dikelola penanaman kembang kol.

“Kami mengapresisasi, Ini adalah sebagai wujud ekonomi kreatif dan juga untuk memberdayakan para pemuda di sekitar yang tidak terlalu mengandalkan kepada industri,” kata Asep, Senin (29/11/2021).

Sebagai ketua Karang Taruna Kabupaten ia bersyukur, hasil penanaman karang taruna tingkat desa bisa mencukupi para pemuda lainnya bisa bekerja menanam sayuran serta bisa menghasilkan pendapatan.

“Jadi dengan hasil pertanian,Alhamdulillah kegiatan Karang Taruna bisa mencukupi dan pera pemuda bisa menghasilkan cuan (uang-red),” ujar Asep.

Asep kedepannya berencana mengakomodir dan memfasilitasi karang taruna di desa lainnya yang mempunyai keinginan di bidang pertanian, peternakan dan yang lainnya.

“Jadi kita bisa memfasilitasi kerja dinas-dinas terkait ataupun kita ke swasta melalui csr-csr dan kita akan support yang mempunyai kreativitas Khususnya ada di bidang ekonomi,” imbuhnya.

Dengan adanya hasil panen di Desa Kalibuaya Asep berharap, kedepannya pemuda di Karawang tidak hanya mengandalkan bekerja di pabrik. Namun, bisa membuka peluang mengembangkan kreatifitasnya untuk mendapatkan hasil dengan cara yang lain.

“Jadi dengan pertanian, peternakan dan usaha kreatif lainnyanya para pemuda bisa maju dan mandiri,” pungkasnya. (red).

1 thought on “Manfaatkan Lahan 1.000 Meter, Katar Desa Kalibuaya Sukses Tanam Kol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *