KARAWANG-Berdirinya Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dalam perjalanannya telah mengalami beberapa kali perubahan secara regulasi, hingga saat ini yang menjadi dasar hukum adalah sebagai berikut :
1. SK Dirjen Cipta Karya Nomor : 216/KPTS/1977 Tentang Pembentukan BPAM Kabupaten Daerah Tingkat II Karawang ;
2. Perda Nomor : 013 Tahun 1987 Tentang Pembentukan PDAM Kabupaten Daerah Tingkat II Karawang ;
3. Perda Nomor : 06 Tahun 2010 Tentang PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang ;
4. Perda Nomor : 03 Tahun 2021 Tentang PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang ;
Dari perjalanan berdirinya PDAM sebagaimana dasar tersebut diatas, pada tanggal 23 Mei 1987 Pemerintah Daerah Tingkat II Karawang telah menetapkan Perda Nomor 013 Tahun 1987 tentang Pembentukan PDAM, sebagai bentuk peralihan kewenangan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dan perubahan bentuk dari BPAM menjadi PDAM.
Menilik dari perjalanan ketetapan tersebut diatas maka setiap tanggal 23 Mei telah ditetapkan sebagai hari berdirinya Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang.
Lahirnya PDAM atau sekarang dikenal dengan Perumdam Tirta Tarum Karawang merupakan sebuah perjalanan untuk mengingatkan kembali awal mula dari berdirinya perusahaan dalam rangka penyediaan air bersih/minum kepada masyarakat Kabupaten Karawang sejak 37 tahun lalu.
“Perayaan HUT Ke-37 merupakan sebagai pengingat atau bentuk rasa syukur ke hadirat Allah SWT, sekaligus sebagai momentum atau pengingat bagi kami untuk selalu memberikan yang terbaik bagi kemajuan Perusahaan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan serta tetap berkontribusi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang,” kata Direktur Utama Perumdam Tirta Tarum Karawang, Ade Didik Isnandar, dalam keterangan rilisnya kepada delik.co.id, kemarin.
Perayaan HUT dilaksanakan secara sederhana namun tidak megurangi makna dan tujuannya, yaitu memupuk serta mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan seluruh karyawan dan pelanggan, dengan angakain acara sebagai berikut:
1. Undian kejutan pelanggan
2. Santunan anak yatim
3. Kegiatan donor darah
4. Pengumuman umroh pegawai tahun 2024
5. Launching logo dan core value go-sprint
6. Dan acara hiburan stand up komedi, komedian cemen
“Dengan logo dan core value kami yang baru : go sprint (service excellent-professional-respect-integrity-nimble-trust), Insyaallah kami akan terus menguatkan komitmen untuk menjadi lebih baik dan makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Karawang,” ujarnya.
Capaian Kinerja
Selanjutnya, dalam konteks kegiatan operasional, pihaknya ingin sampaikan juga bahwa sampai dengan triwulan pertama tahun 2024, secara umum Perumdam Tirta Tarum telah melaksanakan seluruh program dengan baik sebagaimana tercantum dalam Rencana Bisnis 2023-2027 dan RKAP 2024.
Untuk Tahun 2023, berdasarkan laporan audit KAP Ar Utomo dan Rekan per tanggal 28 maret 2024, laporan keuangan Perumdam Tirta Tarum berhasil mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dimana selama 3 tahun terkahir opini laporan keuangan selalu mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP).
“Laba bersih perusahaan juga meningkat dari Rp6,4 miliar di tahun 2022 menjadi Rp8,1 miliar di tahun 2023 serta untuk setoran dividen pada tahun 2022 sebesar Rp3,5 miliar naik menjadi Rp4,4 miliar pada tahun 2023. Insya Allah laba ini akan kita tingkatkan menjadi Rp11,4 miliar di tahun 2024 ini,” tegasnya.
Rencana Program Peningkatan Layanan
Ade menyadari sepenuhnya bahwa masih memiliki banyak kekurangan disana sini, namun saat ini Perumdam Tirta Tarum terus berbenah dalam upaya memperbaiki layanan kepada pelanggan dan bagi seluruh pemangku kepentingan.
Rencanan program prioritas kedepan pihaknya akan lebih fokus pada pegembangan SPAM dengan menambah dan meningkatkan WTP dari 1.200 lps menjadi 2.100 lps di tahun 2027.
Penambahan SL aktif dari 107.000 menjadi 146.000 SL di tahun 2027, penambahan dan perbaikan jaringan perpipaan, perbaikan fasilitas dan instrumentasi, penguatan IT dalam proses bisnis, dan pengembangan SDM, serta Pembuatan Rumah Air untuk tambahan benefit pelanggan.
“Untuk itu kami mohon dukungan sekaligus mohon masukan, kritik dan saran untuk perbaikan,” tutupnya. (red).