Lokasi pelaksanaan TPT Desa Jayamakmur.

KARAWANG-Proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Karajan, RT 005/001, Desa Jayamakmur, Kecamatan Jayakerta, diduga kurangi volume dalam pelaksanaannya.

Berdasarkan papan informasi yang terpampang tak jauh dari proyek tersebut, anggaran pekerjaan TPT itu bersumber dari dana desa tahap 1 tanun 2022 memilik volume 320×0,30×0,75.

Namun sayangnya, di papan informasi tersebut tidak disebutkan jumlah anggaran pekerjaan TPT tersebut.

Ketika delik.co.id meninjau lokasi dan mengukur langsung pekerjaan tersebut, didapati tinggi TPT tersebut variasi, bahkan ada yang tingginya hanya 66 cm.

Proyek tersebut pun terkesan asal jadi dengan struktur tanah pondasi tidak digali, tetapi hanya sebatas dibersihkan saja dari lumpur, bahkan untuk alas dasar saja batu kali hanya ditumpuk dan ditancap-tancapkan ke tanah, hal tersebut jelas diduga akan mengurangi kualitas dan kuantitas dari bangunan itu sendiri.

Bendahara Desa Jayamakmur, Halimi, ketika dikonfirmasi oleh awak media melalui pesan aplikasi Whatsapp perihal pekerjaan tersebut tidak menanggapinya.

Terpisah, Camat Jayakerta, Budiman ketika dimintai tanggapannya perihal proyek TPT hanya memberikan penjelasan yang singkat.

“Terimakasih atas informasinya dan ini akan kami jadikan bahan evaluasi. Saya belum kroscek ke lapangan, jadi saya belum bisa berkata apa-apa,” ujarnya. (dede/red).