Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto/net.

NASIONAL-Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengucapkan selamat Hari Raya Trisuci Waisak tahun 2021.

“Kontemplasi di Bulan Purnama Waisak perkuat spiritualitas bangsa,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya yang diterima delik.co.id, Rabu (26/5/2021).

Hasto menyampaikan, dengan merayakan Trisuci Waisak, PDI Perjuangan percaya bahwa spiritualitas yang membangun kesadaran budi pekerti, upaya menjaga keseimbangan seluruh alam raya dan tekad menebar kebaikan melalui dharma agar setiap makhluk berbahagia dapat semakin diwujudkan.

Hari Raya Waisak menurut Hasto juga mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna dan kemangkatan Sang Buddha. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak.

“Bulan purnama yang menyertai peringatan Trisuci Waisak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memerkuat spiritualitas bangsa. Nusantara adalah negeri spiritual yang begitu kaya dengan tradisi dan yang begitu hidup guna menjabarkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak bangsa yang toleran dan kedepankan semangat ber-Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Politikus kelahiran Yogyakarta ini menjelaskan, PDI Perjuangan sebagai rumah besar kaum nasionalis, menjadikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa untuk dipraktekkan bersama dengan prinsip lainnya, khususnya kemanusiaan, persatuan-kebangsaan, musyawarah-mufakat, keadilan sosial.

“Dalam setiap peringatan hari besar agama, termasuk TriSuci Waisyak, keseluruhan aspek kemanusiaan diekspresikan guna meneladani sifat Tuhan dalam kehidupan berbangsa,” ungkapnya.

Karena itulah, kata Hasto, agama selalu mengajarkan kebaikan dan menjauhkan menjauhkan berbagai bentuk kekerasan. Agama juga menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang memecah belah bangsa.

“Sebaliknya agama mengajarkan welas asih, budi pekerti, kerendahan hati, dan hasrat untuk selalu berbuat kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat merayakan Trisuci Waisak,” tutup Hasto. (sep/rilis/red).