Wakil Rektor UBP Karawang, Dr. Puji Isyanto, memberikan materi kepada mahasiswa baru.

KARAWANG-Sedikitnya, 2.400 mahasiswa baru Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengikuti Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahap I tahun akademik 2022/2023 selama dua hari, Sabtu-Minggu (3-4/92022.

Mahasiswa baru yang mengikuti Kegiatan PKKMB tahap 1secara offline tercatat sebanyak 515 peserta di Aula 1 lantai 3 Gedung Rektorat UBP Karawang, sementara sisanya sebanyak 1.900 lebih mengikuti secara daring atau melalui sistem online

“Untuk tahap dua nanti dilaksanakan online semua. Tema dalam kegiatan PKKMB tahun ini adalah mewujudkan generasi unggul, mandiri, bertanggung jawab serta berwawasan kebangsaan dalam praktik kampus merdeka,” ujar Ketua Panitia PKKMB UBP Karawang Deny Guntara, kemarin.

Deny menuturkan, pelaksanaan PKKMB tahap 1 ini dilaksanakan hybrid karena ruang atau kapasitas aula yang digunakan cukup terbatas. Sementara mahasiswa baru yang mengikuti pada tahap 1 lebih dari dua ribu mahasiswa baru.

Oleh karena itu, kata Deny, pihaknya melakukan seleksi terhadap peserta melalui aplikasi yang dimiliki oleh kampus untuk menjaring 515 peserta yang mengikuti secara langsung dan sisanya mengikuti rangkaian kegiatan melalui online.

“Yang ikut secara offline salah satu kriterianya yang tempat tinggal hanya berjarak 2 km dari kampus,” jelasnya.
Deny juga mengatakan, pelaksanaan PKKMB tahap 1 sesuai dengan panduan dari kementerian dan digelar selama dua hari yaitu pada Sabtu (3/9) dan Minggu (4/9).

Ia menjelaskan, PPKMB diisi dengan berbagai penyampaian materi diantaranya tentang kemahasiswaan, kedisiplinan, karakter, motivasi dan materi-materi lainnya serta berbagai pengenalan kehidupan kampus.

“Dan yang jadi ciri khas dari UBP juga yaitu materi hipnoterapis,” ucapnya.

Setelah selesai PKKMB, tambah Deny, agenda selanjutnya yaitu kegiatan di masing-masing fakultas kemudian pengisian KRS sebelum proses perkuliahan dimulai.

“Proses perkuliahan nanti pertengahan September,” tandasnya.

Terpisah, Rektor UBP Karawang, Prof. Dedi Mulyadi, menambahkan, PKKMB UBP Karawang tahun 2022 memberi pembekalan, motivasi dan arahan agar para mahasiswa dalam menempuh pendidikan di UBP Karawang menjaga norma-norma sebagai insan akademis yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin, santun dalam berfikir, berucap dan bertindak.

“Apabila semua itu dapat dijalankan, maka harapan terciptanya generasi yang ahlakul karimah dapat tercapai. Cita-cita mereka dan harapan orang tua mereka menjadi kenyataan,” tutupnya. (red).