DPC PDIP Karawang Gelar Simulasi Bencana

0
Simulasi penanggulangan bencana

KARAWANG -DEWAN Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Karawang  bekerja sama dengan BPBD Karawang menggelar Sosialisasi dan Simuilasi Penanganan Bencana pada kader khususnya  Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) PDI Perjuangan

Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana digelar di Aula Dr. H.Taufik Kiemas Kantor DPC PDI Perjuangan Jalan Ranggagede 125 Tanjung Pura  Kabupaten Karawang.

“Sekarang ini bangsa kita sedang banyak bencana, Ini nantinya kader partai khususnya Baguna PDI Perjuangan bisa kita terjunkan,”  kata Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Taufik Ismail saat membuka gelaran acara Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana. Rabu (26//52021).

Ia menyampaikan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, menginstruksikan para kader harus hadir bersama-sama dengan rakyat ketika terjadi bencana. Apalagi, dari segi geografis, Indonesia memiliki potensi bencana sangat tinggi di berbagai daerah.

“Kita tentu tidak bisa hanya mengandalkan personel BPBD yang dari segi jumlah jika dibandingkan dengan cakupan potensi bencana di negara ini sangat banyak. Makanya, kader PDI Perjuangan khususnya  Baguna PDI Perjuangan dilatih untuk bisa membantu dan bersinergi dengan BPBD,” ujarnya.

Selain itu jelasnya, mereka akan berperan langsung dalam penanganan bencana, Sosialisasi dan Simulasi ini sekaligus sebagai upaya membangun kesadaran di tengah masyarakat agar lebih sigap, siap dan tangguh  ketika terjadi bencana.

“Inilah yang selalu ditekankan Ibu Megawati, bahwa kita harus selalu tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran karena banyak daerah di Indonesia memang rawan dan punya potensi tinggi terjadi bencana,” jelas Kang Pipik sapaan akrab Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang.

Dalam kesempatan tersebut Kang Pipik  mengatakan, DPC PDI Perjuangan Karawang  pada  tanggal 26 setiap bulannya rutin melakukan Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana  oleh BPBD, yang diyakini akan sangat membantu pemerintah dalam bergotong royong dengan masyarakat menghadapi dan menangani bencana.

Sementara itu Sekertaris Baguna  PDI Perjuangan Karawang Ketut Sudiana mengatakan tujuan pelaksanaan Sosialisasi dan  Simulasi Penanganan Bencana ini  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya Baguna PDI Perjuangan Karawang  agar selalu waspada terhadap bencana, penanggulangan serta penanganan saat kejadian bencana.

“Memberikan pemahaman kepada Baguna PDI Perjuangan terkait standar operasional prosedur (SOP) saat kejadian bencana dan bagaimana berkoordinasi dengan instansi terkait jika ada bencana. Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana ini diberikan agar korban bencana bisa diminimalisir, ” katanya

Ia berharap, adanya Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana dari BPBD Karawang, Baguna PDI Perjuangan memiliki wawasan terkait penanggulangan bencana. Sehingga jika ada suatu bencana bisa siap, siaga dan tanggap terhadap bencana tersebut.

“Bencana sifatnya tidak bisa diprediksi tapi bila terjadi kita harus bisa merespon dengan cepat dan tepat. Lewat penyelenggaraan simulasi ini, kami berharap bisa mendapat bekal bagi kami untuk menghadapi bencana,”pungkas Ketut Sudiana. (red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *