Komisi X DPR RI Dorong Pemerintah Percepat Ciptakan Ekosistem UMKM

0
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

PURWAKARTA-Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, mendorong pemerintah untuk cepat menciptakan ekosistem yang semakin kondusif bagi pelaku UMKM di Indonesia. Dia mengatakan ada dua hal kebijakan yang bisa diambil pemerintah, yakni penyerapan produk UMKM secara kontinyu dan pemberian modal usaha.

“Pemerintah harus cepat membuka market untuk memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Indonesia. Kami bayangkan ada kebijakan afirmasi dari pemerintah yang bisa menyerap produk pelaku UMKM dan mereka perlu dibantu berupa modal,” kata Syaipul Huda saat menghadiri Expo, Seminar dan Workshop UMKM bertempat di Komplek Al-Irfan, Purwakarta. Senin (22/2/2021)

Menurut Politikus PKB ini, skema yang saat ini masih dilakukan pemerintah dalam pemberian bantuan modal yakni melalui skema bank. Sehingga perlu adanya alokasi modal yang diberikan pemerintah.

Baca juga : Pemkab Purwakarta dan DPC Hipmikindo Gelar Expo UMKM

Situasi pandemi saat ini membuat perekonomian di Indonesia menjadi menurun dan yang paling terdampak ialah mereka yang merupakan pelaku UMKM.

Peran penting UMKM dalam perekonomian nasional, kata Syaiful, mencerminkan peran penting UMKM dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“UMKM menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tandasnya. (wes/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *