Komite Ekraf Gelar Kurasi Kriya, Berikut 10 Besar Kriya Terbaik

0
Etalase produk Kriya Karawang

KARAWANG-Komite Ekraf Subsektor Karawang menggelar kegiatan Kurasi Kriya yang berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranada) Kabupaten Karawang, Rabu (6/12/2023), di Hotel Swissbell-in, Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan yang melibatkan 40 peserta pengrajin ini diharapkan mampu membawa kemajuan perkembangan Kriya di Kabupaten Karawang, menghasilkan produk-produk yang berkualitas, bervariasi dan mampu untuk dipasarkan secara nasional.

“Kegiatan Kurasi Kriya ini, inisiatif dari Komite Ekraf dengan diikuti oleh kurang lebih 40 pengrajin, dengan narasumber dan penilainya (kurator) didatangkan dari Bali,” kata Hezti Restriana, Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga merupakan Pengurus Dekranasda Kabupaten Karawang.

Disampaikannya, 10 hasil Kriya terbaik, akan dibawa oleh kurator untuk dicoba di pasarkan di souvernir store yang ada di bali.

“Semoga melalui kegiatan Ekraf, pengrajin Karawang dapat lebih terangkat dan membantu agar pemasaran produk hasil kerajinan mereka, tidak lagi kesulitan. Kita akan mendorong bukan hanya ke Bali tapi juga ke Jogya,” ulasnya.

Direktur Komite Ekraf, Rahmat Wiguna (kanan) bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Karawang, Hj Vida Syaepuloh.

Tempat yang sama, Rahmat Wiguna, selaku Direktur Ekonomi Kreatif (Ekraf) Karawang, mengungkapkan, Kurasi Kriya merupakan kegiatan pertama kalinya di Kabupaten Karawang yang merupakan hasil kolaborasi antara Dekranasda dengan Ekraf Kabupaten Karawang. Kegiaatn ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, menciptakan diversifikasi produk, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tren atau perkembangan pasar bagi para pengrajin, agar dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang lebih luas.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin para pengrajin di Kurasi Kriya ini untuk bisa memasarkan hasil produk-produk kerajinannya ke tingkat yang lebih luas lagi, sekaligus untuk memperkenalkan bahwa di Karawang ini mempunyai produk-produk kerajinan yang mampu bersaing dan lebih luas lagi pemasaran dan penjualannya melalui sistem cross market,” ungkap Wiguna.

“Kurasi Kriya ini baru pertama kali di adakan di Karawang. Tim penilainya pun langsung di datangkan dari Bali, karena produk-produk kerajinan yang ada di Kurasi Kriya Ekraf Karawang ini sudah ada yang dipasarkan di Bali,” pungkasnya.

Berikut 10 Besar Kriya Terbaik :

1. Nurjanah, produk Aulora Rajut

2. Susiyana, produk Fadeci Handmade

3. Tata Wiharja, produk OTX Collcetion

4. Supriadi, produk Karrasi 19

5. Budiyanto, produk Eka Karya

6. Solihat, produk Ziifa Craft

7. Jefri Wardana, produk Jefri Gallery Bambu

8. Hendrik Septiana, produk Cala Culu

9. Jajang M, produk Rizki Toy

10.Kusmiati, produk Rahmia.

Untuk diketahui, acara Kurasi Kriya turut dihadiri oleh Hj Vida Syefuloh selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Karawang, Kadis Disperindag Yayat Hidayatulah, Kabid Ekraf Dinas Pariwisata dan Budaya Adhit, perwakilan Bappeda, perwakilan dari Peruri, dosen Unsika dan mahasiswa international dan perwakilan sejumlah eksportir. (red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *