Pertengahan Tahapan, Dana Pilkades Serentak Kabupaten Purwakarta Belum Cair

0
Kadis DPMD Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo.

PURWAKARTA– Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menargetkan anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 170 desa baru cair pada awal bulan Juni 2021 mendatang.

Padahal, sejumlah panitia Pilkades mengaku saat ini sejumlah tahapan Pilkades sudah dilakukan.

Meski begitu, hingga hari ini sejumlah tahapan tersebut dapat diselsaikan meski tanpa anggaran yang seharusnya cair sejalan dengan dimulainya tahapan yang sudah dimulai sejak bulan Maret 2021 lalu.

“Awal tahapan sudah dimulai sejak awal bulan Maret lalu. Tapi hingga hari ini atau pertengahan tahapan, belum ada anggaran yang dapat dicairkan. Tapi tetap, tahapan harus dilaksanakan” terang Panitia Pilkades Desa Mekarsari Kec Darangdan, H Didin Mahpudin, Selasa (25/5/2021).

Baca juga : Tercatat Ada 602 Balon Kades Daftar ke DPMD Purwakarta

Dirinya berharap, anggaran segera dapat dicairkan untuk mendukung kelancaran tahapan demi tahapan yang saat ini sudah sampai pada penutupan bakal calon pada Pilkades yang akan digelar 25 Agustus 2021 mendatang.

“Semakin kedepan, tentu saja anggaran semakin urgent dan kami samgat membutuhkan untuk mendukung kelancaran tahapan demi tahapan yang saat ini semakin padat. Jangan sampai, akibat mandeknya anggaran, berimbas pada menurunya kinerja setiap panitia Pilkades,” ucapnya.

Sementara, Kadis DPMD Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo menambahkan, jika anggaran Pilkades akan segera dapat dicairkan. Diperkirakan, pencairan akan dapat dilakukan pada akhir bulan Mei atau awal bulan Juni 2021.

“Masih sesuai tahapan. Saat ini Desa sedang mengajukan proposal pencairan ke DPMD untuk diajukan ke BKAD,” jelasnya.

Menurut Jaya, tidak ada keterlambatan dalam pencairan anggaran Pilkades dan sudah sesuai tahapan. Dana Pilkades saat ini sedang dalam proses pencairan.

“Anggaran Pilkades, Insya Allah akhir bulan Mei atau maksimal awal Juni sudah cair,” tandas Jaya. (wes/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *