Remehkan Aduan Insan Pers Delik, Praktisi Hukum : Bupati Harus Ambil Sikap Tegas

0
M. Gary Gagarin Akbar, S.H., M.H.

KARAWANG-Praktisi hukum yang juga seorang akademisi, Gary Gagarin Akbar, sangat menyangkan dengan respon yang ditunjukkan oknum pejabat DLHK Karawang terkait aduan insan pers delik ke Bupati Karawang di sejumlah media online.

Pasalnya, oknum pejabat tersebut justru merespon persoalan ini dengan kurang baik dan cenderung meremehkan dari bahasa yang disampaikan.

“Seharusnya sebagai pejabat publik harus mampu menunjukan sikap dan pernyataan yang bijak,” kata Gary kepada delik.co.id, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga : Ketua Peradi Karawang : Jangan Cuma Berani Blokir Nomor Wartawan, Blokir Nomor Bupati dan Wabup

Gary menegaskan, sebagai pejabat publik terikat dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur bagaimana seharusnya seorang pejabat publik atau Pegawai Negeri Sipil bersikap.

“Saya sangat mendukung dengan pengaduan yang dilayangkan kepada Bupati serta instansi terkait karena tujuannya sangat baik,” tegasnya.

Seharusnya, sambungnya, pejabat publik menjadikan media sebagai mitra dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi harus mau transparan dan terbuka dengan informasi yang beredar demi kepentingan publik (public interest).

Baca juga : Diduga Langgar Kode Etik PNS, Insan Pers Delik Laporkan Kelakuan Pejabat DLHK Karawang ke Bupati

“Bupati harus mengambil sikap tegas karena hal seperti ini tidak boleh terulang kembali kedepannya. Karena bagaimanapun juga pejabat publik harus siap dengan kritikan maupun saran dari masyarakat demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *