Kapolres Karawang foto bersama usai terima penghargaan.

KARAWANG-Respon cepat pelaporan terhadap kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Provinsi Jawa Barat memberi penghargaan Polres Karawang.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, terkejut atas apresiasi penghargaan dalam penanganan kejahatan terhadap perempuan dan anak.

Pihaknya tak menyangkap dapat penghargaan ini, karena tak pernah mengurus.

“Kita hanya fokus bekerja saja dan merespon adanya laporan atau aduan semua kejahatan khususnya terhadap perempuan dan anak. Ternyata pihaknya itu dinilai oleh Komnas PA. Jadi motivasi buat kami,” ungkapnya, Selasa (29/3/2022).

Kapolres menjelaskan, penghargaan ini menjadi motivasi pihaknya untuk berbuat yang terbaik dalam kasus penanganan kekerasan perempuan dan anak khususnya di Kabupaten Karawang.

Sementara itu, Pembina Komnas PA Jabar, Bima Sena mengatakan, pihaknya sangat selektif atas suatu penghargaan. Penilaian Polres Karawang setelah melakukan assessment secara tertutup, serta bekerja sama dengan ombudsman dan hasilnya bagus.

“Dengan hasil penilaian yang bagus, kami berikan penghargaan kepada Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono dan Kasat Reskrim, AKP Arief BustomyBustomy,” kata Bima.

Menurut Bima, dengan penghargaan ini Polres Karawang menjadi yang terbaik. Dengan ini pihaknya imbau penyidik Unit PPA Polres Karawang lebih meningkatkan kualitas penyidikan terhadap kejahatan terhadap perempuan dan anak.

“Kami mencatat kasus kejahatan terhadap anak ini sangat tinggi di Jawa Barat khususnya Kabupaten Karawang. Dengan terobosan ‘Lapor Pak Kapolres’ menjadi mudah untuk melapor dan pengaduan atas kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak,” jelasnya. (red).