Tekan Peredaran Narkoba, BNNK Karawang Sasar Emak-Emak Purwakarta

0
BNNK Karawang saat memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada puluhan kaum emak- emak di Desa Cipinang.

PURWAKARTA-Bangun ketahanan keluarga yang terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten(BNNK) Karawang sasar kaum emak- emak di Purwakarta.

Emak-emak dipilih, karena fungsinya dalam keluarga sangat berpengaruh terutama akan tumbuh kembang hingga pergaulan anak- anaknya.

Hal itu seperti dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten(BNNK) Karawang, R Dea Rhinofa SH MH saat mensosialisasikan bahaya akan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di aula kantor Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Selasa (16/3/2021).

“Kenapa sosialisasi kita menyasar ibu- ibu atau kaum emak- emak, karena emak- emak ini peran dalam keluarga sangat berpengaruh terutama tentang ketahanan keluarganya. Sehingga nantinya diharapkan ibu- ibu ini dapat mengedukasi bahaya narkoba secara langsung ke keluarganya, terutama anak- anaknya,” kata Dea.

Dipilihnya lingkungan keluarga sebagai sasaran ketahanan keluarga, lanjut Dea seiring dengan peraturan pemerintah yang menjadikan lingkungan keluarga ujung tombak dalam pembentukan karakter keluarga.

“Di Jawa Barat itu sudah ada Perda No 9 Tahun 2014 tentang ketahanan keluarga, dan itu harus dilaksanakan. Oleh karena itu kita bekerjasama dengan Pemkab atau dinas pemberdayaan perempuan yang didalamnya ada kampung KB sehingga nantinya bisa bersinergi dengan kampung Bersinar(Bersih dari Narkoba,” jelasnya.

Senada, Kepala Desa Cipinang Wawan Juanda menambahkan, kegiatan hasil kerjasama Pemkab Purwakarta dan BNNK itu sangat bermanfaat dan dibutuhkan setiap warga terlebih ibu- ibu. Selain kaum ibu yang menjadi sasaran, pemuda dan kalangan lainnya pun wajib menerima edukasi tentang Narkoba tersebut.

“Secara pribadi saya sangat mendukung kegiatan ini karena menjadi edukasi tersendiri bagi ibu- ibu yang mungkin selama ini tidak mengetahui akan bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Dan semoga setelah faham, mereka dapat meneruskannya ke keluarganya terutama anak- anak sebagai generasi penerus yang semoga nantinya terbebas dari narkoba” singkatnya.

Diketahui, sosialisasi bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan BNNK Karawang itu, akan menyasar kaum emak- emak di 10 Desa di Purwakarta terutama di sejumlah wilayah yang masuk dalam katagori zona merah peredaran Narkoba. (wes/red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *