Peringati Hari Bhakti Ke-72, Imigrasi Cilacap Gelar Baksos dan Donor Darah

1
Kepala Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra, sedang donor darah.

CILACAP-Dalam rangkaian Hari Bhakti Imigrasi ke 72 tahun ini, Kantor Imigrasi Cilacap menggelar beberapa kegiatan sosial kepada masyarakat.

Salah satunya Donor darah yang dilaksanakan di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap pada Rabu 19 Januari 2022. Kegiatan Donor darah ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Cilacap Yoga Ananto Putra beserta pejabat struktural, pegawai serta masyarakat umum.

Yoga Ananto Putra usai mendonorkan darahnya mengatakan, giat yang dilakukannya merupakan bentuk kepedulian sosial pegawai dilingkungan Kantor Imigrasi Cilacap, dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah masa pandemi Covid-19.

“Giat donor darah ini merupakan bentuk bhakti kami dalam memberikan bantuan dengan mendonorkan darah kami melalui PMI yang selanjutnya akan disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya masyarakat yang sedang sakit dan dalam perawatan,” kata Yoga.

Bahkan menurut Yoga, kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat. Selain memiliki tujuan ibadah kepada orang yang membutuhkan transfusi darah, akan tetapi memiliki peran penting pada masa pandemic Covid-19.

Apalagi darah tetap dibutuhkan untuk berbagai terapi penyakit. Selain untuk pasien yang membutuhkan darah secara rutin, hingga untuk perawatan yang tidak rutin seperti penyakit demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan.

“Jadu anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah, saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antara lain : menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius,” jelasnya.

Terpisah, dalam rangkaian yang sama, Kantor Imigrasi Cilacap melanjutkan giat Bakti Sosial di Panti Asuhan Assalam Kabupaten Cilacap, Kegiatan bakti sosial merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilakukan Kantor Imigrasi Cilacap untuk saling berbagi dan mendekatkan diri kepada masyarakat. dalam kegiatan ini Kantor Imigrasi Cilacap mengumpulkan dan menyalurkan berupa Sembako dan uang tunai.

Masih menurut Yoga, giat yang dilakukannya merupakan agenda rutin guna membantu para santri di panti asuhan Assallam Cilacap.

“Lebih mendekatkan diri kepada masyarakat’ tema ini dipilih untuk mengingatkan bahwa Imigrasi yang memiliki tugas dan fungsi melayani masyarakat harus lebih dekat kepada masyarakat. Menyumbangkan sedikit rejeki sangatlah berarti bagi. Merchandise yang membutuhkan,” imbuhnya. (pri/red).

1 thought on “Peringati Hari Bhakti Ke-72, Imigrasi Cilacap Gelar Baksos dan Donor Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *