Romo (bertopi) berikan pelatihan jurnalistik.

KARAWANG-Dalam rangka HUT Ke-49 KNPI, DPD KNPI Kabupaten menggelar Pelatihan Jurnalistik yang salah satu narasumbernya Dewan Penasihat SMSI Kabupaten Karawang N. Hartono atau yang lebih dikenal dengan panggilan Romo, Sabtu 30 Juli 2022.

Acara pelatihan yang diikuti oleh Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) KNPI se-Kabupaten Karawang, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan tersebut dilaksanakan di gedung KNPI Jalan Malabar Karangpawitan Karawang, Jawa Barat, 30 Juli 2022.

Romo memberikan materi mengenai teknik penulisan berita serta tahapan dalam membuat berita untuk situs berita (Siber) atau media online. Peserta pun diberikan teori dan pemahaman tugas serta fungsi jurnalistik.

Peserta diharapkan dapat memahami dan dapat menulis berita dengan benar sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Saya harap adik-adik dapat menulis berita dengan baik dan benar, karena masih banyak yang belum dapat menulis dengan benar. Khususnya untuk yang akan menulis skripsi, pelatihan ini akan sedikit banyak membantu mempercepat adik-adik ketika menulis skripsi,” ujar Romo.

Pantauan di lokasi, para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan tersebut, terbukti beberapa peserta antusias memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Menurut Romo dengan belajar menulis, senantiasa mendorong kita untuk bisa meningkatkan minat membaca. Dan dengan banyak kita membaca, insya Allah akan menambah khasanah serta menambah wawasan keilmuan.

“Dengan banyak membaca, saya yakin adik-adik akan lebih cepat menaikkan keahlian menulis,” ujar wartawan senior ini.

Lebih lanjut Romo berpesan kepada para peserta yang ingin terus belajar menulis berita, terus lakukan belajar dan sering mempraktekannya, agar kita bisa lebih cepat menguasai ilmu menulis.

“Kalau ingin cepat bisa menulis itu, ya harus dibiasakan dan dipaksakan oleh kita sendiri. Namun kalau sudah terbiasa itu akan merasakan begitu pentingnya bisa menulis, khusus bagi adik-adik mahasiswa yang nantinya diakhir perkuliahan akan membuat skripsi,” tutur Romo.

Kemudian bagi yang ingin jadi wartawan kata Romo, ini jadi dasar bagaimana caranya menulis baik dan benar dalam menulis berita. Namun bukan hanya bisa menulis yang benar, wartawan itu juga dituntut untuk memahami kaidah dan kode etik jurnalistik.

“Bagi yang ingin terus belajar menulis berita dapat mengirimkan tulisannya ke nomor yang sudah dibagikan panitia tadi,” pungkasnya. (red).