Lestarikan Budaya Sunda dan Wujud Syukur, Pemdes Kamojing Gelar Hajat Bumi

0
Pemdes Kamojing gelar Hajat Bumi

KARAWANG-Pemerintahan Desa (Pemdes) Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, kembali menggelar Hajat Bumi. Hal ini bertujuan demi lestarikan budaya Sunda dan wujudkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan rezekinya, Sabtu (23/12/2023).

Sekertaris Desa (Sekdes) Kamojing Aji Sugianto mengatakan, tradisi Hajat Bumi ini, digelar sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang didapat dari hasil pertanian dan lainnya. Tradisi ini digelar setiap satu tahun sekali yang bertujuan melestarikan budaya Sunda.

Acara Hajat Bumi ini terdapat berbagai jenis makanan hasil panen seperti buah, umbi-umbian hingga padi yang digantung di tenda acara dan ngarak dongdang.

“Tradisi ini setiap satu tahun sekali, dilaksanakan secara sederhana. Alhamdulillah tahun 2023 ini bisa kembali terlaksana, ini merupakan salah satu cara mensyukuri hasil bumi yang ada di wilayah desa kami,” ungkapnya saat diwawancarai.

Masih menurutnya, warga Desa Kamojing sendiri masih banyak yang aktivitas sehari-harinya sebagai petani. Harapannya, tradisi ini lebih meriah lagi, tetap dilestarikan oleh generasi penerus dan semoga bisa jadi event tahunan.

“Tradisi Hajat Bumi ini sudah masuk kedalam agenda tahunan Desa Kamojing. Semoga acara ini bisa terus dilestarikan hingga anak cucu kita,” pungkasnya. (jat/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *