UNIKOM Bantu Pelaku UMKM Bangkit Dari Keterpurukan

1
Aplikasi E-Media Warung oleh Unikom.

BANDUNG-Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta (PTS), adalah program Kemendikbudristek yang ikut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi melanda 2 tahun kebelakang.

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan salah satu PTS yang ikut andil melakukan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) guna membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit dari keterpurukan masalah ekonomi tersebut.

Peningkatan teknologi informasi (IT) yang demikian masif mengharuskan para pelaku usaha mengadaptasi perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis.

Dekan Fakultas Pasca-sarjana UNIKOM, Dr. Rahma Wahdiniwaty, dalam pers rilisnya, Jumat (24/12/2021), mengatakan, peran kemajuan IT tidak dapat dipungkiri bisa memberi peluang sekaligus ancaman bagi organisasi terlebih pada sektor usaha kecil.

Terkait hal tersebut, UMKM dituntut untuk memanfaatkan IT beserta kemutakhirannya agar sustainability-nya dapat terjaga bahkan berkembang dan maju.

“UNIKOM mengembangkan model aplikasi E-Media Warung Elektronik sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya menjemput bola dari produsen ke konsumen,” kata Rahma.

Ia berharap dengan adanya e-media sebagai fasilitator salesman/salesgirl otomatis diharapkan dapat membantu memasarkan produk- produk UMKM yang ada tersebut.

Lebih lanjut, Rahma menerangkan dengan adanya PKM ini, harapan untuk mencapai kemajuan khususnya UMKM dapat tercapai. Dengan E-media ini, implementasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya bermitra dengan Diskoperindag Kabupaten Bandung dan pelaku UMKM, segera dalam proses penuntasan.

“Semoga berhasil dan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian bagi para pelaku UMKM dalam pemulihan masa pademi Covid-19,” ujar Rahma.

Sementara itu terpisah, dosen pasca-sarjana UNIKOM, Dr. Yeffry Handoko, MT dalam keterangannya menjelaskan Virus IT pengggunaan E-Media Warung Elektronik UMKM ini disebarkan, ditularkan untuk melawan virus Covid-19 guna meningkatkan perekonomian UMKM.

Dikatakan Yeffry, Workshop Pengabdian kepada Masyarakat pada pelaku UMKM yang sebelumnya dilakukan di Kecamatan Sukajadi Bandung, guna mengembangkan usaha muda dan UMKM dan peningkatan peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam pemulihan pasca pademi Covid-19, dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU.

“Semoga bermanfaat dan dapat dikembangkan bagi kemaslahatan masyarakat pelaku UMKM,” tandasnya. (red).

1 thought on “UNIKOM Bantu Pelaku UMKM Bangkit Dari Keterpurukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *