Dewas BPJS Kesehatan Peringatkan Rumah Sakit dan Klinik Untuk Tidak Pungut Biaya Berobat

1
Siruaya Utamawan (duduk).

NASIONAL-Dewan Pengawas (Dewas) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memberi peringatan keras terhadap pihak Rumah Sakit (RS) dan Klinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan terkait pungutan biaya berobat bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Hal-hal seperti itu (pungutan biaya, red) sangat-sangat melukai perasaan Peserta BPJS Kesehatan. Pihak Rumah Sakit dan Klinik mitra BPJS Kesehatan tidak boleh memungut biaya pengobatan karena peserta sudah ditanggung dengan skema JKN,” kata anggota Dewan Pengawas BPJS, Siruaya Utamawan, S.E., dalam keterangan tertulisnya kepada delik.co.id, Sabtu (5/6/2021).

Ia menegaskan, pihak klinik ataupun rumah sakit yang bermitra tidak diperkenankan untuk mengambil uang dari peserta BPJS Kesehatan, jika itu berkaitan dengan pembayaran obat maupun pelayanan.

Lebih jauh dikatakan Siruaya yang juga merupakan Ketua Harian DPP Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), peringatan ini berdasarkan adanya penemuan di lapangan dan atau laporan dari peserta BPJS Kesehatan yang dipungut biaya.

“Beberapa temuan kita di lapangan adanya Peserta BPJS Kesehatan diminta duit (uang-red) dengan berbagai macam alasan, ada juga yang dikasih resep untuk menembus obat dengan alasan stok obat habis, mestinya itu tidak boleh terjadi, jika ada dipungut biaya begitu, segera lapor ke kantor BPJS Kesehatan terdekat atau bisa juga lapor ke saya,” tegas Siruaya. (red).

1 thought on “Dewas BPJS Kesehatan Peringatkan Rumah Sakit dan Klinik Untuk Tidak Pungut Biaya Berobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *