PT Pindo Deli 2 Sebut Faktor Human Error Jadi Penyebab Kebocoran Gas Kimia

0
Warga korban keracunan gas kimia saat dievakuasi.

KARAWANG-Manajemen PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 mengakui kelalainnya sehingga terjadi kembali kebocoran gas kimia (khlorin) di sekitar lokasi pabrik pada Kamis (3/6/2021). Faktor kesalahan manusia (human error) yang jadi penyebab utama musibah tersebut.

“Kami sangat menyesalkan kejadian ini, yang disebabkan oleh faktor manusia,” kata Deputi Manajer PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Adil Teguh, dalam keterangan tertulisnya kepada delik.co.id, Jumat (4/6/2021).

Adil Teguh menjelaskan, faktor human error itu ketika ditemukannya salah satu tabung gas dari pelanggan yang bermasalah. Kondisi tersebut menurutnya dapat tertangani dengan cepat dan seluruh warga yang terdampak telah menerima pengobatan medis yang diperlukan.

Baca juga : DLHK Karawang Enggan Disalahkan, Wawan : Kami Masih Verlap

“Bekerja sama dengan aparat berwenang dan pimpinan daerah setempat, kami juga terus berkoordinasi dan memastikan kejadian ini tertangani dengan baik dan sesuai prosedur,” ujarnya.

Pihaknya memastikan telah memiliki protokol penanganan kejadian dan tetap melakukan perbaikan secara terus-menurus pada seluruh kegiatan operasional sesuai peraturan dan perundang-undangan, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional guna memastikan kelangsungan usaha dan komitmennya kepada seluruh kepentingan terkait.

Baca juga : Diduga Pindodeli 2 Kembali Bocor, Ratusan Warga Keracunan Gas

Adil Teguh juga menegaskan bila kebocoran gas kimia tersebut bukan berasal dari instalasi, tetapi dari tabung yang dikirim supalier.

“Darin kejadian itu, ada 23 korban. Pagi ini 21 orang yang dirawat di RS Rosella sudah dipulangkan, sisanya 2 orang masih menjalani perawatan,” tutupnya. (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *