Wisata Curug Cigentis

KARAWANG-Kendati Pemerintah telah melarang warga untuk mudik, tetapi pemerintah tidak melarang warga untuk mengunjungi tempat wisata.

Dilansir Kompas.com, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, mengatakan, larangan mudik justru menjadi angin segar bagi sektor pariwisata dan sektor lainnya.

“Ini momentum memulihkan ekonomi. Pada sektor pariwisata, misalnya, berpotensi mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Pun membantu perekonomian warga sekitar,” ucapnya.

Nah berikut destinasi wisata di Karawang yang layak dikunjungi pada saat liburan Lebaran :

Wisata Curug Cigentis

1. Curug Cigentis
Warga Karawang asli pasti kenal lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan ini. Terletak di ketinggian 1000 mdpl dengan tinggi curug mencapai 25 meter membuat debit air yang turun juga cukup deras. Curug Cigentis ini adalah salah satu dari ke-7 tingkatan curug yang ada di Gunung Loji, dibawah kaki Gunung Sanggabuana yang termasuk wilayah pengelolaan hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kondisi jalan beraspal.

Candi Jiwa

2. Candi Jiwa

Candi Jiwa memiliki bentuk seperti padma atau bunga teratai dimana bagian tengahnya juga ada denah struktur melingkar seperti bekas stupa atau lapik patung Buddha.

Lokasi dari Candi Jiwa ini berada di Desa Segaran Kecamatan Batujaya. Wisatawan sebaiknya berkunjung pada sore hari karena pemandangan sekitar juga terlihat indah.

Green Canyon

3. Green Canyon
Green Canyon Karawang terletak di Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, letaknya sejauh 41 kilometer dari pusat kota ke arah selatan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 20 menit dengan sepeda motor.

Objek wisata Green Canyon Karawang sendiri merupakan ngarai yang diapit oleh tebing batu. Di ujung ngarai tersebut terdapat curug kecil setinggi kurang lebih tiga meter yang disebut Curug Ciomas. Daya tarik objek wisata ini adalah kealamian aliran kali serta hijaunya pepohonan pada bukit di kedua sisi kali.

Wisata Tanjung Pakis

4. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis, adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Karawang Jawa Barat, Lokasi Pantai Tanjung Pakis berada di Kecamatan Pakisjaya, berjarak sekitar 68 Km dari pusat Kota Karawang, arah ke Utara, sekitar 22 Km dari area Situs Batujaya. Sama halnya pantai Utara Jawa lainnya, ombak Pantai Pakis tidak besar, dengan pasir kecoklatan yang lembut.

Di Pantai Pakis yang membentang sepanjang 7 Km ini pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama dari laut. Ada pula dermaga kayu, sarana outbound, banana boat, air bersih, warung makanan yang menawarkan bandeng bakar, penginapan, dan panggung hiburan. Meskipun dikabarkan sebagai pantai terindah di Karawang, namun belum ada angkutan umum untuk mencapai tempat ini.

Monumen Rawagede

5. Monumen Rawagede

Monumen sejarah ini dibangun untuk mengenang tewasnya ratusan orang warga sipil yang mempertahankan tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan. Digambarkan pula kebiadaban dan kekejaman tentara Belanda yang membantai rakyat tak berdosa termasuk anak-anak dan perempuan. Sementara di lingkungan ini ada 181 makam rakyat yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan.

Monumen Rawagede ini berada di pinggir sebelah utara jalan Dusun Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Tepatnya di komplek monumen berpagar tembok dan sekitarnya berupa perkampungan serta persawahan.

Puncak Sempur

6. Puncak Sempur

Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona dari atas Puncak Sempur. Berada di ketinggian 712 mdpl, panorama dari destinasi satu ini akan membuat Anda berdecak kagum, apalagi dengan udaranya yang sejuk.

Wisata Pantai Sedari

7. Pantai Sedari

Tempat wisata pantai yang banyak dikunjungi warga Karawang dan sekitarnya adalah Pantai Sedari. Pantai ini berlokasi di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya.

Bendungan Walahar

8. Bendungan Walahar

Bendungan satu ini merupakan bendungan paling kondang dan sudah ada sejak tahun 1925 dan merupakan warisan peninggalan zaman Belanda. Wisatawan yang datang bisa memancing ataupun sekedar berfoto foto. Jalur yang perlu untuk Anda lewati menuju bendungan ini juga tidaklah sulit.

Bendungan Walahar terletak di Desa Walahar, Kecamatan Klari. Anda tidak perliu khawatir dengan kenyamanan kunjungan karena bendungan ini juga menyediakan fasilitas wisata kuliner berupa deretan rumah makan khas Walahar yang menyajikan pepes ikan jambal. (red).